Mahasiswa IKOR Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

75

Suasana saat Pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah di Auditorium FPOK, Sabtu (18/2)

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Tidak sedikit akademisi dicabut kembali gelarnya karena plagiarisme, bahkan gelar Doktor pun bisa langsung dicabut karena itu.” Pernyataan tersebut disampaikan dosen Bahasa Indonesia  UPI Firman Aziz dalam pelatihan penulisan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan (HIMA IKOR) Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan (FPOK), di Auditorium FPOK, Sabtu (18/2).

“Maka dari itu, banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah, baik  sistematika maupun isi,” tambah Firman.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Bara Yusuf, acara tersebut bertujuan juga untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah supaya mahasiswa FPOK tidak kalah saing dalam bidang akademik. “Tak dipungkiri, jika dalam prestasi nonakademik mahasiswa FPOK tak kalah saing, tapi tak sejalan dengan prestasi akademik,” kata Bara.

Dalam acara tersebut, sempat disinggung terkait edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang menginstruksikan agar mahasiswa menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan. Ketua Program Pendidikan Ilmu Keolahragaan Sumardiyanto mengatakan, edaran tersebut juga yang melatarbelakangi kegiatan ini. “Mudah-mudahan setelah ini instruksi Dikti tadi tidak jadi masalah lagi untuk kita,” kata Sumardiyanto. [Dini Ehom]

 

Comments

comments