UPI Tetap Laksanakan Ujian Mandiri

57

Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan tetap membuka jalur khusus penerimaan mahasiswa baru atau Ujian Mandiri (UM) untuk tahun akademik 2012/2013. Kepala Devisi Rekrutan Mahasiswa Baru UPI, Asep Supriatna mengatakan bahwa UM UPI dilaksanakan setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) berakhir sesuai dengan ketentuan pemerintah. “UM dilaksanakan setelah SNMPTN  dengan kuota maksimal 40%,”  ujar Asep kepada isolapos.com.

Asep menjelaskan bahwa alasan UPI tetap melaksanakan UM adalah untuk memfasilitasi anak yang pandai dan berprestasi tetapi tidak lolos SNMPTN. Menurutnya, konsekuensi peserta yang lolos UM harus membayar lebih dibandingkan dengan biaya registrasi SNMPTN. “Itu kesediaan orang yang bersangkutan, kalau nggak bersedia ya nggak apa-apa,” jelas Asep.

Asep menambahkan, bahwa biaya registrasi UM memang lebih tinggi dibandingkan dengan jalur penerimaan yang lain karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Untuk menyelenggarakan program sarjana saat ini diperlukan biaya pendidikan kurang lebih sebesar 18 juta per mahasiswa setiap tahunnya. “Kita ingin memberi kesempatan tapi kita juga tidak ingin dibebani,” tambah Asep.  [Melly A. Puspita]

Comments

comments