Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Tak Kunjung Terakreditasi

50

Bumi Siliwangi, isolapos.com- Sejak Berdirinya Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 1998, hingga saat ini Prodi tersebut tak kunjung terakreditasi.

Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Dadang Ansori mengatakan bahwa sejak bulan Desember 2011 dokumen sudah ada di Jakarta, pihak prodi tinggal menunggu visitasi kunjungan penilaian lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri. ”Lalu kita menunggu hasil dari sana,” ujar Dadang.

Dadang menambahkan penilaian mencakup banyak hal seperti Tata usaha, Perpustakaan jurusan, Sarana prasaran, nilai mahasiswa  tiga tahun terakhir dan prestasi mahasiswa. ”Prestasi mahasiswa harus disertai juga bukti fisiknya seperti makalah,” kata Dadang.

Tim Akreditasi, Rudi Adi Nugroho menuturkan, setahun lalu FPBS dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia pernah mengirimkan borang (semacam dokumen yang berisi tentang berbagai hal tentang prodi-red) namun di kembalikan kembali. “Karena borang dari fakultas yang tidak lengkap, jadi dua-duanya dikembalikan dan diproses kembali,” ujar Rudi.

Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Pratiwi Sulistiana mengungkapkan rasa kecewanya. Ia mengatakan bahwa lulusan Prodi bahasa dan sastra Indonesia mampu bersaing dengan universitas lain. ”Jangan sampai hanya karena belum terakreditasi, malah menyulitkan alumni yang ingin mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” ujar Tiwi menutup pembicaraan. [Julia Hartini]

Comments

comments