UPI Akan Hapus SNMPTN Jalur Tulis

31

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Kepala Devisi Rekrutan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Asep Supriatna mengatakan bahwa UPI akan mengikuti kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dikti (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) jalur tulis tahun 2013 nanti.

Asep menambahkan, jika rencana kebijakan Dikti tersebut jadi ditetapkan, pihak UPI akan melaksanakannya seoptimal mungkin. Menurutnya, tidak masalah jika SNMPTN jalur tulis dihapuskan, hanya saja yang ditakutkan akan banyak sekolah-sekolah yang berbuat curang dengan tidak jujur mengenai nilai siswanya. “Takutnya ada inflasi nilai di sekolah-sekolah,” jelas Asep.

Untuk mengantisipasi sekolah berbuat curang, Asep menyatakan bahwa UPI sudah memiliki data tingkatan sekolah, yaitu sekolah yang terkreditasi bagus dan sekolah yang sering berbuat curang. Menurutnya, salah satu tolak ukur sekolah itu memiliki akreditasi baik adalah prestasi dari para siswanya. “Prestasi siswa itu mencirikan kualitas sekolah,” kata Asep.

Disamping data sekolah tersebut, Asep mengakui kini UPI telah membuat sistem untuk filter dari sekolah-sekolah yang berbuat curang. Saat ditanya oleh isolapos.com mengenai sistem apa yang dimaksud, Asep enggan menjelaskan. “Yang jelas kami akan ikuti kebijakan dikti dan mengantisipasi dampak negatifnya,” jelas Asep. [Melly A. Puspita]

 

Comments

comments