Pendidikan Indonesia Masih Mahal

43

Bumi Siliwangi, isolapos.com,- Banyak masyarakat memandang pendidikan di Indonesia masih mahal. Salah satunya Eka Sartika, Office Boy Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Eka mengatakan, bahwa pendidikan merupakan hal yang penting. Namun, permasalahan biaya merupakan sesuatu yang tidak dapat dipungkiri. Menurutnya, meski pemerintah telah menggratiskan pendidikan sampai tingkat SLTP, tetap saja ia harus mengeluarkan biaya untuk sekolah anaknya. “Itu kan suka disuruh beli LKS lah, buku, dan biaya yang lainnya,” jelas Eka.

Hal serupa disampaikan oleh salah satu petugas satuan pengamanan UPI, Ade Sudrajat. Menurutnya pendidikan di indonesia saat ini masih mahal.
“Ditambah suka ada tour-tour gitu, yang biayanya cukup mahal,” keluhnya.

Selain itu, Eka bercerita, pendidikan di Indonesia memiliki banyak permasalahan meskipun telah ada program wajib belajar. Misalnya, sarana prasarana pendidikan di daerah terpencil masih belum memadai. “Banyak sekolah yang hampir roboh, namun masih digunakan sebagai tempat belajar,” tutur Eka.

Baik Eka maupun Ade berharap, pemerintah lebih baik lagi dalam menangani permasalahan pendidikan di indonesia, khususnya persoalan biaya pendidikan. [Resti Sri Cahyati]

Comments

comments