Peraturan Baru PPL

457

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Peraturan dan syarat Program Praktek Lapangan (PPL) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kini berubah. Diantaranya peraturan untuk pendampingan mahasiswa oleh dosen pembimbing dan syarat mengikuti PPL. Mahasiswa boleh mengikuti PPL jika sudah mencapai lebih dari 120 SKS. Hal ini memungkinan mahasiswa yang telah menempuh 120 SKS namun masih mengontrak mata kuliah bisa mengikuti PPL. “Ya tidak apa-apa, asal tidak berbentrokan jadwal kuliah sama PPL-nya,” ujar Direktur Direktorat Akademik, Agus Taufik.

Agus mengatakan bahwa perubahan ini terjadi karena konteks program S1 belum masuk ke tahap pelatihan profesi tetapi sebatas pelatihan lapangan. “Pelatihan profesi kan satu tahun setelah lulus, nah ini kan hanya sekitar 5 bulan saja,” ujar Agus.

Persyaratan baru itu mengakibatkan pelaksanaan PPL tidak serempak di universitas. Beberapa jurusan seperti Pendidikan Geografi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Luar Biasa, dan Manajemen Bisnis, sudah lebih awal melaksanakan PPL dibandingkan jurusan lainnya.

Agus mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa semester ganjil yang mengikuti PPL tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa semester genap. “Semester ganjil sekitar 1000-an, kalau semester genap banyak, sekitar 7000-an mahasiswa,” lansir Agus. [Ratih Ika Wijayanti]

Comments

comments