Ayi : Negara Indonesia Mengarah Pada Kleptokrasi

63

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda saat menjadi salah satu narasumber diskusi publik bertajuk Bandung Bersih Korupsi antara Realita atau Angan-Angan di Auditorium Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Jum’at (7/12).

“Negara Indonesia ini mengarah pada kleptokrasi,” ungkap Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda saat memberikan materi dalam diskusi publik yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema) Universitas Indonesia (UPI), Jumat (7/12).

Dalam diskusi bertajuk “Bandung Bersih dari Korupsi, Antara Realita, atau Angan-Angan”, Ayi mengatakan, semua lembaga pemerintahan, mulai dari pemerintahan pusat sampai kota dan kabupaten di Indonesia melakukan korupsi. Menurutnya, hal ini mengindikasikan negara Indonesia mengarah pada kleptokrasi, negara yang dipimpin oleh para pencuri.

Ketua Informasi Publik Jawa Barat, Dan Satriana, yang turut hadir dalam diskusi tersebut menuturkan bahwa untuk melenyapkan korupsi harus dimulai dengan adanya keteladanan dari para pemimpin. Dan menambahkan, kita harus memberikan contoh terlebih dahulu sebelum mengajak orang lain. Menurutnya, itu yang disebut dengan budaya keteladanan. “‘Pok, Pék, Prak’ itu harus dirubah,” papar Ayi.

Senada dengan Dan, Menteri Luar Negeri BEM Rema UPI, Alfian Rizanurrasa, mengatakan bahwa korupsi merupakan bahaya laten. “Masalah demokrasi tidak bisa dibiarkan dan harus dilawan,” ujarnya.  Alfian berharap agar acara ini dapat memberi pemahaman tentang korupsi. “Memberi sebuah wawasan bagi kita semua untuk memahami dan melawan korupsi,” ujar Alfian. [ Nur Anisa ]

Comments

comments