Hak Jawab Mety Rahmawati

59

Disini saya ingin mengklarifikasi pemberitaan isolapos.com yang berjudul “PPL Tidak Sesuai Jurusan, Sebuah Pelanggaran!” pada tanggal 8 Februari 2013 yang saya rasa menyudutkan dan merugikan sekolah tempat saya PPL juga saya sebagai narasumber pemberitaan tersebut.

Dalam pemberitaan disebutkan saya “kecewa” dan merasa “terpaksa” mengajar IPS di SMP sedangkan saya sendiri adalah mahasiswa Geografi. Padahal dalam obrolan bersama saudara Noval pun yang menemui saya pada hari Jum’at tanggal 8 Februari  2013, tidak pernah saya menyebutkan pernyataan bahwa saya “terpaksa” atau “kecewa”. Saya hanya menyebutkan “itu adalah konsekuensi yang saya terima dengan memilih PPL di SMP dan itu juga merupakan tantangan bagi saya dalam melaksanakan PPL ini”.

Saya juga ingin bertanya, “Kenapa yang saudara Noval sampaikan kepada saya hanya ingin mengobrol dan tanya-tanya?” “kenapa saudara Noval tidak meminta izin terlebih dahulu kepada saya untuk menerbitkan berita ini?”

Sekali lagi saya sampaikan bahwa, saya sendiri yang memilih PPL di SMP tanpa adanya unsur keterpaksaan. Saya sadar, tahu dan terima segala konsekuensinya.

Mety Rahmawaty

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi

Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban Redaksi :

Terimakasih atas tanggapan anda. Kami mengakui kekeliruan dalam pengutipan yang menyatakan saudari Mety terpaksa, padahal saudari tidak menyatakan seperti itu. Hal tersebut semata-mata kekeliruan kami dalam pengutipan tanpa bermaksud menyudutkan atau merugikan anda sebagai narasumber.

Perihal pertanyaan anda kepada saudara Noval, sebelumnya jurnalis kami (Noval) telah menjelaskan tujuan untuk wawancara dari isolapos.com kepada petugas piket yang memanggil anda untuk kami wawancarai. Jurnalis kami pun menyatakan identitas diri dan mengatakan dari isolapos.com kepada anda. Bahkan identitas dan tujuan wawancara dituliskan di buku tamu tempat anda PPL. 

Soal meminta izin, kami merasa tidak perlu meminta izin terlebih dahulu kepada anda untuk menerbitkan berita, karena itu merupakan hak kami sebagai lembaga pers.

Dengan pemuatan hak jawab ini, kekeliruan telah kami klarifikasi dan sekaligus pembetulan dari pemberitaan yang disebutkan.

Redaksi isolapos.com

Comments

comments