Mendikbud Bersikeras Kurikulum 2013 Tetap Berjalan

110
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh saat mensosialisasikan Kurikulum 2013, di Gedung Gymnasium UPI, Sabtu (16/3).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Saya yakin kurikulum 2013 adalah yang terbaik untuk saat ini,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh. Hal itu disampaikan pada sosialisasi Kurikulum 2013 di Gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sabtu (16/3). Acara tersebut dihadiri oleh guru-guru dan kepala sekolah dari beberapa sekolah di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, serta sivitas akademika UPI.

Dalam sosialisasinya, M. Nuh memaparkan bahwa Kurikulum 2013 merupakan refleksi dari hasil Program for International Students Assessment (PISA) pada tahun 2009, hampir seluruh siswa Indonesia hanya menguasai pelajaran sampai level 3. “Sedangkan negara lain di Asia mampu mencapai level 6 dari 6 level,” katanya.

Dari hasil pendataan lainnya, Results of Science pada tahun 2011, lebih dari 95% siswa Indonesia hanya mampu sampai level menengah, sementara hampir 40% siswa Taiwan mampu mencapai level tinggi dan Advance atau tingkat ahli.

M. Nuh mengatakan, dari beberapa hasil pendataan tersebut, pendidikan Indonesia pada saat ini masih kurang. Ia juga mengatakan, dalam kurikulum 2013 ini memasukan nilai sikap dalam setiap mata pelajaran. “Agar siswa tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan, tapi juga mampu menumbuhkan sikap positif melalui pelajaran yang dipelajari,” katanya.

Walaupun kurikulum 2013 masih menuai banyak protes, M. Nuh bersikeras tidak akan mengganggu proses pelaksanaan kurikulum 2013. “Mau sejuta orang menolak, kurikulum 2013 akan tetap berjalan,” tegasnya saat diwawancarai isolapos.com sesuai acara.

Menurut Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata, UPI tidak dalam posisi menolak atau menerima Kurikulum 2013. “Sebaik apapun atau sejelek apapun kurikulum, semuanya tergantung pada guru yang melaksanakannya,” ucap Sunaryo. [Fachmi Maulana]

 

Comments

comments