Said : Kurikulum 2013, Desain Kurikulum Terbaik

265
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Sejarah Kurikulum dan desain Kurikulum 2013 ini merupakan desain kurikulum terbaik, kalau orang yang mengerti kurikulum mereka tau,” ujar salah satu Tim Perancang Kurikulum 2013 Said Hamid Hasan, Senin (15/4) di Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Menurutnya, Kurikulum 2013 dirancang agar siswa dituntut lebih aktif dan kreatif. “Creative thinking dan pengembangan sikap mendapat tempat yang sangat besar dalam kurikulum ini ,” ujarnya.

Meski diakui banyak menuai kritik dari beberapa pihak, namun ia sangat optimis Kurikulum 2013 ini akan tetap berjalan. “Juli nanti sudah mulai pelaksanaan,” katanya.  Ia mengungkapkan bahwa Kurikulum 2013 telah dirancang sejak 2010. Sehingga ia tidak sepakat dengan adanya anggapan bahwa pembuatan kurikulum ini terkesan tergesa-gesa. ”Sejak 2010 kita mulai dengan kegiatan pengembangan naskah akademik, selanjutnya dikaji dan terbentuklah Kurikulum 2013 ini,” tutur Said.

Ia pun menuturkan ketidaksetujuannya terhadap adanya anggapan bahwa pergantian menteri akan berpengaruh pada pergantian kurikulum. Ia menganggap hal tersebut merupakan anggapan politis belaka. “Bolehlah mereka menolak karena  itu hak mereka,” kata Said. Tapi menurut Said Kurikulum 2013 ini merupakan tanggung jawab pemerintah bukan menteri. “Di sini menteri hanya menjalankan perintah dari pemerintah,” ujar Said.

Mengenai kesiapan guru sebagai pelaksana Kurikulum 2013 harus disiapkan. Menurutnya, tidak ada satu pun guru yang boleh menerapkan Kurikulum 2013 kalau gurunya belum dilatih. Selain guru, kepala sekolah, dan pengawas juga ikut mendapatkan pelatihan. “Selanjutnya setelah mereka dilatih kita ubah mindset-nya dan mulai kita terapkan Kurikulum 2013 ini.”  [Rifqi Nurul Aslami]

Comments

comments