Jurusan Pedagogik Tampilkan Sendratari Nusantara

91

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Mahasiswa Jurusan Pedagogik saat menampilkan sendratari berjudul “7 Pustaka Nusantara” di Gedung Kebudayaan UPI, Sabtu (15/6)

Berbalut pakaian Tradisional Nusantara, Mahasiswa Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2010 dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 2011, Jurusan Pedagogik Universitas Pendidikan Indonesia menampilkan(UPI) Seni Drama Tari (Sendratari) Nusantara.  Sendratari yang bertema “7 Pusaka Nusantara” dilaksanakan di gedung Kebudayaan Universitas Pendidikan Indonesia, Sabtu (15/6) yang dipadati oleh mahasiswa UPI.

Ketua Pelaksana acara Sendratari Nusantara, Robi Panji Soegara mengatakan bahwa sendratari ini bertujuan agar kerifan Budaya Nusantara tidak dilupakan. “ Acara ini sebagai salah satu bukti rasa cinta kami terhadap keanekaragaman Budaya Nusantara,” papar Robi saat memberi sambutan.

Bukan hanya Robi saja yang mengaku ingin memperkenalkan budaya bangsa, sutradara pementasan, Dwi Retnasari mengungkapkan bahwa ada usaha pihaknya untuk mengangkat Budaya Nusantara yang nyaris tergerus kebudayaan luar. “Jadi pementasan ini diperkuat dengan tarian-tarian daerah,” tutur Dwi yang juga pembuat naskah bersama dua rekannya, Deri dan Rega Satria.

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia UPI, Inayah Hikmahwati mengungkapkan sangat mengapresiasi ide cerita sendratari ini. Menurutnya, bukan hanya ide yang menarik, namun penataan kostum yang unik dan artistik yang kreatif. “Saya sampai heran bagaimana properti di sana bisa sebagus itu,” ucapnya kepada isolapos.com seusai menonton pertunjukan.

Terkait kostum dan properti, Dwi mengatakan bahwa dalam acara ini semua perlengkapan dibuat seluruhnya sendiri, “99 persen, ini buatan tangan,” tutup Dwi. [Julia Hartini]

 

Comments

comments