Peran Besar Pers Mahasiswa

80

Asia Afrika, isolapos.com-

“Pers mahasiswa adalah bagian dari perkembangan media massa, yang memiliki peran besar untuk perubahan yang lebih baik bagi negara,” ujar Pemimpin Redaksi MNC TV, Ray Wijaya. Hal itu disampaikan Ray saat menjadi pembicara dalam Workshop Jurnalistik Mahasiswa di Hotel Golden Flower Jalan Asia Afrika Bandung, Rabu (5/6).

Dalam presentasinya, Ray mengatakan, pers mahasiswa turut memberikan perubahan yang lebih baik untuk kampus. Menurutnya, ini juga berarti pers mahasiswa telah berkontribusi untuk bangsa yang lebih baik. “Jika ada masalah atau penyimpangan yang perlu diluruskan, suarakan! Niatkan untuk perubahan yang lebih baik bagi kampus,” ucapnya.

Namun, lanjut Ray, dalam tugasnya memberitakan suatu informasi demi kepentingan publik, seorang jurnalis kampus akan menemui beberapa tantangan. Tantangan tersebut, menurut anggota Dewan Pers ini, diantaranya, ketidakpahaman sivitas akademika akan demokrasi media dan tugas jurnalis. “Pahamkah para pemangku kebijakan dan warga sekitar akan tugas jurnalis itu?” tanya Ray.

Hal yang sama diungkapkan Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat, Budhiana Kartawijaya. Ia sependapat bahwa pers mahasiswa mempunyai peran besar pada perubahan bangsa. Menurutnya, pers mahasiswa akan selalu dibutuhkan sebagai alat pelaksana moral force  (kekuatan moral-red). “Tugas pers mahasiswa semakin berat untuk meyakinkan koleganya bahwa mahasiswa adalah pelaksana moral force,” paparnya.

Tugas itu, kata Budhiana, semakin berat karena dua hal. Pertama, sistem pendidikan yang semakin komersial sehingga orang yang tersaring pun hanya orang-orang yang mampu dan terkurung dalam sistem politik. “Kedua, mahasiswa jaman sekarang yang cenderung asyik sendiri dengan hidupnya,” ujarnya. [Melly A. Puspita].

Comments

comments