Mahasiswa KKN KBL Ujungberung Luncurkan Peta Kebudayaan

1,082
Peta Kebudayaan Ujungberung

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kearifan  Budaya Lokal  (KKN KBL) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  membuat Peta Kebudayaan Ujungberung. Peta tersebut diluncurkan di Aula kecamatan Ujungberung ,Sabtu (20/7).

Koordinator Pembuat Peta Kebudayaan Ujungberung, Pratama Budi Wijayanto menjelaskan bahwa isi dari peta tersebut terdiri atas 15 jenis kesenian lokal di ujung berung.  “Yang kita plot posisi sanggar seninya di dalam peta jumlah sanggar seni di ujung berung,” tambah Budi.

Lanjutnya, Budi mengungkapkan, pembuatan peta tersebut selesai dalam satu minggu bersama dua rekannya,  Ikbal Saeful Azis dan Cepi Nugraha dari Jurusan Pendidikan Geografi. “Mulai dari survey hingga finishing,” kata Budi.

“Budi berharap  peta ini bisa memajukan kesenian di ujungberung,” kata Budi.

Hal serupa diungkapkan Koordinator Kecamatan KKN Ujungberung Arie wismoyo. Ia berharap dengan adanya peta kebudayaan, mampu membuat masyarakat Ujungberung bangga terhadap kesenian-kesenian yangada di sekitarnya. “Semoga mampu membatu mereka melestarikan kesenian tersebut,” ujar Arie.

Tanggapan positif diutarakan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Yadi Ruyadi. Menurutnya, program kerja tersebut  sangat bermanfaat. “Sangat bangus untuk masyarakat di sana,” tutup Yadi sambil tersenyum. [Noval Prahara Putra]

 

Comments

comments