Elly : Perubahan Kurikulum UPI 2013 Berorentasi pada Nilai-nilai Pendidikan

88
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Perubahan kurikulum UPI 2013 berorientasi pada nilai-nilai pendidikan,” ujar Pembantu Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Elly Malihah. Elly menuturkan bahwa setiap lulusan Program Studi (Prodi) pendidikan maupun nonkependidikan akan berkarier dengan nilai-nilai pendidikan. “Hal ini yang akan membedakan lulusan UPI dengan lulusan universitas lain,” tutur Elly saat ditemui isolapos.com, Selasa (26/11) di ruangannya.

“Kami mewajibkan Mata Kuliah Landasan Pendidikan pada semua prodi,” papar Elly.

Direktur Direktorat Akademik, Agus Taufiq menyampaikan bahwa meskipun Kurikulum UPI 2013 sudah diterapkan oleh UPI di semester ini, namun masih ada proses verifikasi dan kemungkinan bisa berubah. “Perubahan kurikulum ini memerlukan proses dan  tidak instan,” kata Agus.

Lanjutnya, ia menambahkan bahwa jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) di Kurikulum UPI 2013, baik prodi pendidikan maupun nonkependidikan  disesuaikan dengan kebutuhan prodi masing-masing.

Perubahan jumlah SKS terjadi di Jurusan Pendidikan Sejarah. Menurut Sekretaris Jurusan Pendidikan Sejarah, Wawan Dharmawan ada penambahan  dari 144 SKS menjadi  147  SKS. Bukan hanya jumlah yang berubah, Wawan juga menambahkan pada kurikulum ini pemilihan mata kuliah pilihan telah diberlakukan sistem paket. Ia memaparkan bahwa hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat konsisten pada bidang yang dipilihnya nanti yaitu pada konsentrasi pedagogik sejarah atau ilmu sosial . “Dulu mahasiswa dapat memilih acak kedua konsentrasi itu,  sekarang tidak bisa, ”  tutup  Wawan. [Karolina Ketaren]

Comments

comments