Mendekatkan Budaya Perancis Kepada Khalayak

49
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Mengenalkan budaya Perancis kepada mayarakat luas, bisa dengan memperlihatkan hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaannya. Dalam rangka hari jadi Departemen Pendidikan Bahasa Perancis, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Himpunan Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Perancis (Association Des Etudiants Du Departement De Francais)  mengadakan kegiatan Pekan Bahasa Perancis  2014 yang bertema “Le Royaume” .

Berkegiatan selama Senin-Kamis (5-8/05) di Gedung Geugeut-Winda Pusat Kegiatan Mahasiswa, Menurut ketua pelaksana, Anggi Dwi P, acara ini merupakan ajang mengenalkan budaya Perancis, dengan cara menempel poster, gambar-gambar, banner-banner, yang berkaitan dengan Perancis bahkan mengadakan les bahasa Perancis.

Tak hanya itu, para peserta pun didekatkan dengan minat sastra, yaitu pembacaan puisi yang berhubungan dengan Perancis, kerajaan, dan budaya-budayanya. “Bertepatan dengan tema sekarang yaitu kerajaan,” tambah Anggi.

Kemudian kata Anggi, kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 1980-an. Namun, saat ini kegiatan yang ada telah dikembangkan dari kegiatan sebelumnya.”Dulu itu hanya perayaan biasa saja, sekarang ada berbagai hiburan dan macam-macam lomba seperti talk show, pembacaan berita, dll,” turtur Anggi.

Salah satu peserta lomba membaca berita dari SMA Sari Putra Telkom, Novia D.  mengungkapkan kesan postif akan kegiatan ini. Menurutnya meskipun ia gugup saat mengikuti lomba, namun pengenalan budaya Perancis begitu menarik. “Kita kan menjadi tahu bagaimana Perancis itu, mahasiswa UPI  ngasih tau juga,” ujar Novia. [Restu Puteri]

Comments

comments