UPI Segera Luncurkan Sistem Informasi Pembinaan Kemahasiswaan Online

56
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Setelah menerbitkan dua sistem terbarunya yaitu Sistem Kontrak Kuliah Online dan Sistem Informasi Perwalian Online beberapa waktu lalu, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan segera meluncurkan Sistem Informasi Pembinaan Kemahasiswaan Online. Sistem berbasis internet ini diperuntukan bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa)/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UPI untuk mempublikasikan profil dan kegiatan organisasinya masing-masing.

Selain berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi antar Ormawa/UKM UPI, sistem ini pun digunakan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan untuk memantau aktivitas Ormawa/UKM UPI. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Kemahasiswaan, Syahroni di ruangannya, Senin (19/5). “Lebih efektif dalam melakukan kontrol dan pembinaan,” tambahnya kepada isolapos.com.

Mahasiswa dapat mengakses Sistem Informasi Pembinaan Kemahasiswaan Online di http://ormawa.siak.int-upi.edu. Namun, hingga saat ini sistem tersebut masih dalam tahap pengembangan sebelum mulai diterapkan pada bulan Juni mendatang. “Sistemnya masih disempurnakan,” tutur Syahroni.

Syahroni mengaku, universitas melalui Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan masih mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk penyempurnaan sistem itu. Ia juga mengimbau kepada pengurus Ormawa/UKM untuk segera menyerahkan profil organisasinya masing-masing. Profil tersebut berisi tentang deskripsi Ormawa/UKM seperti pengertian, visi misi, tujuan dan riwayat perkembangan. Selain itu, susunan pengurus beserta nomor kontaknya, program kegiatan, prestasi dan dokumentasi kegiatan. Profil tersebut diserahkan dalam bentuk soft file ke kantor Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan paling lambat hari Jumat (23/5) untuk dimasukkan ke dalam sistem.

Nantinya, menurut Syahroni, setiap Ormawa/UKM akan diberi satu laman dalam web tersebut untuk dikelola secara mandiri. “Makanya minggu depan itu harus sudah masuk data-datanya,” katanya.

Hal itu disambut baik oleh Ketua Umum Arena Studi Apresiasi Sastra UPI, Muhammad Maruf. Dia mengatakan bahwa dengan sistem tersebut, akan mempermudah dalam memperkenalkan organisasinya pada sivitas akademika khususnya mahasiswa baru di UPI nanti. “Jadi bisa membantu menyosialisasikan profil UKM kita,” ujarnya. [Hikmat Syahrulloh]

Comments

comments