Kembangkan Kreativitas Sejak Dini

77
Kepala sekolah SD Labschool UPI saat memberi sabutan di acara Pentas kreasi seni siswa (19/6).

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Ada yang berbeda di lapangan Sekolah Dasar (SD) Laboratorium Percontohan (Labschool) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kamis (19/6) pagi. Sebuah panggung berukuran 4×3 meter didirikan di tengah lapangan sekolah dasar itu. Deretan kursi-kursi pun telah disusun rapi untuk diduduki penonton yang hadir. Semua dipersiapkan untuk melaksanakan acara Pentas Seni, Pameran dan Bazar Siswa SD Labschool UPI dengan tema “Mengembangkan Kreativitas Siswa”.

Kegiatan yang dimotori pihak SD Labschool UPI itu, digelar sebagai puncak kegiatan pembelajaran dan wadah untuk mengembangkan daya apresiasi dan kreasi seni siswa SD Labschool UPI. Untuk itu, penonton yang hadir akan disuguhi kreasi seni berupa tarian daerah, drama dan permainan alat musik bambu seperti angklung dari siswa dan guru. Bazar yang diadakan pihak sekolah diikuti oleh siswa-siswi dengan membuka sejumlah stan di halaman sekolah. Karya seni rupa serta saung sastra dari hasil belajar siswa di tahun ajaran lalu pun ikut dipamerkan dalam acara ini.

Kepala sekolah SD Labschool UPI, Mumuh menilai pentas kreasi seni tahun ini terlaksana lebih baik dari tahun sebelumnya. Salah satunya terlihat dari antusiasme siswa yang meningkat saat menggelar stan-stan untuk bazar. “Pembelajaran untuk siswa dalam berwirausaha melalui bazar terselenggara lebih baik,” katanya saat diwawancarai oleh isolapos.com.

Mumuh menyatakan bahwa kegiatan ini juga digelar untuk merayakan kelulusan siswa-siswi kelas 6 SD sebanyak 62 orang. Pihak sekolah sengaja mengemas acara dengan apik dan kental dengan budaya daerah untuk menjawab apresiasi besar masyarakat terhadap institusi tersebut. “Kami menghargai kepercayaan masyarakat terhadap SD ini, maka berbagai kegiatan penunjang kreativias kami buat dengan sentuhan budaya daerah,” tuturnya.

Hal senada diutarakan ketua panitia, Yudi Hadiansyah. Menurutnya, kegiatan ini juga bisa melatih siswa untuk mengembangkan bakat dan keterampilannya di berbagai bidang. “Dengan serangkaian acara pentas kreasi dan bazar, ini akan melatih siswa untuk unggul dalam berbagai bidang,” ujar Yudi yang juga merupakan Guru SD Labschool UPI.

Perwakilan orang tua siswa kelas 6, Zakaria berharap SD Labschool UPI mampu berkembang dan lebih maju dari sebelumnya. “Bersama SD Labschool semoga anak-anak kita akan maju dan berkembang,” katanya. [Karolina Ketaren]

Comments

comments