SBY : Prioritaskan Penghayatan Pendidikan Kedamaian

202
Kuliah Umum Mahasiswa Baru Angkatan 2015 UPI, Rabu (2/9), Gedung Gymnasium UPI
Kuliah Umum Mahasiswa Baru Angkatan 2015 UPI, Rabu (2/9), Gedung Gymnasium UPI

Bumi Siliwangi, isolapos.com- ”Kedamaian dan perdamaian menjadi salah satu prioritas untuk diinternalisasikan melalui dunia pendidikan,” Ucap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjadi dosen tamu, pada kuliah umum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2015, di Gedung Gymnasium UPI, Rabu (2/9).

Presiden Ke enam Republik Indonesia itu membawakan materi kuliah umum dengan judul ‘membangun dan memelihara perdamaian dalam era perubahan’. Di hadapan ribuan mahasiswa baru UPI, SBY mengatakan bahwa visi pendidikan adalah membangun masyarakat, negara, dan dunia yang sarat akan kedamaian dan perdamaian melalui pendidikan.

SBY melanjutkan, bahwa usaha membangun dan memelihara kedamaian dapat dilakukan melalui pendidikan formal. Universitas, sebagai salah satu lembaga pendidikan memiliki fungsi membangun nilai dan sikap bagi mahasiswanya. “Dapat dilakukan lewat membangun nilai, alam pikiran, pengetahuan, sikap dan perilaku damai,” ujar Guru Besar Universitas Pertahanan itu.

Senada dengan SBY, Rektor UPI Furqon dalam sambutannya mengatakan pendidikan kedamaian harus diterapkan di lingkungan formal seperti sekolah dan kampus. UPI perlu berperan aktif dan maksimal dalam mengembangkan gagasan pendidikan yang bisa berkontribusi aktif untuk mereduksi perilaku kekerasan. “Membangun karakter bangsa dan prinsip-prinsip bangsa sehingga menciptakan kehidupan harmonis” kata Furqon.

Pendidikan kedamaian, lanjutnya bukan saja dilakukan dalam upaya sesaat dan hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan tertentu. Lingkungan terkecil, yaitu keluarga dapat mempengaruhi pula dalam penanaman sikap tersebut. [Restu Puteri Sujiwo]

Comments

comments