Didin : Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

160
Sosialisasi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Jum’at (27/11) di Auditorium University Centre Universitas UPI.
Didin Saripudin (kedua dari kanan) saat pematerian nilai-nilai pancasila
Jum’at (27/11) di Auditorium University Centre Universitas UPI.

Bumi Siliwangi, isolapos.com– Lembaga Studi Pancasila Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar Sosialisasi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dengan tema Eksistensi Pancasila dalam Membendung Radikalisme, Jum’at (27/11) di Auditorium University Centre Universitas UPI.

Pemateri diskusi, Didin Saripudin mengatakan dalam sejarahnya, Pancasila lahir dari berbagai golongan dengan berbagai paham yang berbeda. Pancasila menurutnya, lahir untuk menengahi  paham-paham yang berkembang pada waktu itu. “Pancasila itu posisinya di tengah-tengah, bukan komunis bukan juga kapitalis,” ujarnya.

Dalam menangkal paham radikalisme yang berkembang, Didin melanjutkan bawasannya harus ada pendidikan untuk menanamkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila diseluruh elemen masyarakat. Tujuannya agar nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kalau masyarakat Indonesia memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka pemikiran-pemikiran radikalisme itu tidak akan muncul,” lanjutnya dihadapan 15 mahasiswa yang antusias mengikuti focus group discussion ini. [Restu Puteri]

Comments

comments