Mendidik Televisi Hadir di Bulan Maret

89
Suasana Bincang Isola
Suasana Bincang Isola di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional UPI, Rabu (30/03). 

Oleh: Nurul Nur Azizah dan Irma Kurnia 

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Unit Pers Mahasiswa (UPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali menyelenggarakan diskusi bulanan Bincang Isola keempat dengan tema “Mendidik Televisi”. Acara ini berlangsung di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional UPI, Rabu (30/03). Menurut Kholid Abdullah, Ketua pelaksana Bincang Isola kali ini mengatakan latar belakang tema ini yaitu karena adanya kegelisahan terhadap acara siaran televisi nasional yang minim muatan makna pendidikan saat ini.

Acara yang dimoderatori oleh Melanie Agustin tersebut, dihadiri oleh Dedeh Fardiah selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (KPID Jabar), Diki Wismara, dari Ikatan Jurnalisme Televisi Indonesia (IJTI) Bandung, Engkos Kosasih sebagai Pakar Psikologi dari UPI, Budhi Purnama, sebagai anggota Forum Orang Tua Siswa (Fortusis), Hari Santoni, Ketua Gerakan Masyarakat Pendidikan dan lebih dari 150 orang mahasiswa UPI serta beberapa organisasi pers mahasiswa di kota Bandung.

Menanggapi tentang pelaksanan acara ini, Nuru Fitry dari Pers Mahasiswa Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung mengungkapkan bahwa acara ini bagus namun sayang ada beberapa pemateri yang tidak dapat hadir jadi isi diskusinya kurang mendalam. “Bagus sih, tapi agak kurang greget gitu, pematerinya ga semuanya hadir,” ucapnya.

Taruna Prima, salah satu peserta dari Universitas Pasundan mengatakan bahwa acara ini terlalu berat, dari temanya saja tantangannya sangat bersar bukan hanya mendidik televisinya melainkan orang yang berkecimpung dan menikmati televisi yang perlu didik karena televisi sendiri hanyalah barang elektronik. “Sebenarnya mendidik itu bukan mendidik TV, karna itu elektronik,” tuturnya.

Adapun acara tersebut, dimulai pukul 18.10 dengan pembuka berupa hiburan music keroncong oleh Ranisinar (Seni Musik UPI). Selanjutnya, video dokumenter mengenai wawancara pentingnya pendidikan tentang media televisi khusunya anak-anak. Pada akhir acara, ditutup pengumuman doorprize  hadiah kaos dari Doods bagi pemenang quotes via instagram. []

Redaktur: Restu Puteri

Comments

comments