Meningkatkan Empati Melalui Film “A Beautiful Day in the Neighborhood”

214

Oleh : Zahra Putri Calisa

Judul Film : A Beautiful Day in the Neighborhood

Tahun Produksi : 2019

Sutradara : Marielle Heller

Pemeran : Tom Hanks, Matthew Rhys, Susan Kelechi Watson, Chris Cooper

Durasi : 1 jam 49 menit

Film merupakan salah satu media hiburan yang paling digemari. Selain menghibur, film dapat menjadi alat atau media yang efektif dalam meningkatkan empati karena memiliki kemampuan untuk menghubungkan penonton dengan pengalaman, perasaan, dan perspektif orang lain. Salah satunya adalah film “A Beautiful Day in the Neighborhood”.

“A Beautiful Day in the Neighborhood” adalah sebuah film tahun 2019 yang mengangkat kisah hidup ikon televisi Fred Rogers dan pesan-pesannya tentang kebaikan, empati, dan hubungan manusia. Film A Beautiful Day in the Neighborhood menceritakan Llyod Vogel (Matthew Rhys), seorang jurnalis majalah Esquire yang ditugaskan menulis profil tokoh yang berperan penting. Orang yang ditunjuk adalah Fred Rogers (Tom Hanks), pembawa acara anak-anak yang populer sejak tahun 60an. Llyod yang terbiasa dengan liputan mendalam, saat diberi tugas menulis profil sosok Fred Rogers ini sedikit kesal. Sang editor memberi tugas ini agar Llyod memperbaiki citranya yang terkenal ketus dan memandang negatif segala hal. Lylod pun pergi menuju lokasi tempat syuting Fred Rogers di daerah Pittsburgh untuk sesi wawancara.

Sesampainya disana Llyod pun melihat Fred membawakan acara dengan passionate. Fred yang super ramah pun menyambut kedatangan Llyod, hingga akhirnya sesi wawancara dimulai. Namun bukannya mendapatkan jawaban dari Fred, Llyod yang justru diwawancara oleh Fred. Llyod ternyata menyimpan luka masa lalu yang membuatnya menjadi seseorang yang negatif. Fred semakin penasaran dan ingin mengenal lebih jauh sosok Llyod. Berhasilkah Llyod menulis profil Fred Rogers?

Salah satu poin utama dalam film ini adalah bagaimana Tom Hanks menggambarkan sosok Fred Rogers. Ia dengan mudah menggambarkan kehangatan, kelembutan, dan belas kasih yang tulus yang membuat Fred Rogers begitu dikagumi. ia menghidupkan karakter ini dengan cinta dan kesetiaan yang luar biasa, memperlihatkan sisi dalam dan kompleks dari seorang pria yang menempatkan kebaikan serta empati di atas segalanya.

Struktur naratif film ini juga sangat menarik. Kisah ini diceritakan melalui sudut pandang seorang jurnalis bernama Lloyd Vogel, yang diperankan oleh Matthew Rhys. Lloyd Vogel awalnya sangat skeptis terhadap kepribadian Fred Rogers yang tampak terlalu baik untuk menjadi kenyataan. Namun, melalui perjalanan mereka, penonton melihat perubahan yang signifikan dalam pemikiran Lloyd Vogel dan bagaimana pertemuan dengan Fred Rogers mengubah hidupnya.

“A Beautiful Day in the Neighborhood” tidak hanya mengeksplorasi dampak Fred Rogers pada seorang Lloyd saja, tetapi juga menyelami tema-tema yang lebih luas tentang pengampunan, penerimaan, dan kekuatan pemahaman. Film ini berhasil menyampaikan pesan bahwa kekuatan sejati terletak dalam merangkul dan terhubung dengan orang lain pada tingkat yang lebih dalam.

Film ini tidak hanya memberikan gambaran yang mendalam tentang kehidupan Fred Rogers, tetapi juga membawa penonton melalui perjalanan emosional yang kuat. Dengan penulisan naskah yang kreatif dan pengarahan yang terampil, film ini menggabungkan momen-momen lucu, mengharukan, dan inspiratif dengan sangat baik.

Secara visual, film ini berhasil menghadirkan atmosfer yang sangat autentik dengan merekonstruksi kembali set “Mister Rogers’ Neighborhood” dan gaya visual yang ikonik. Ini memberikan rasa nostalgia yang kuat kepada penonton yang pernah tumbuh dengan acara itu, sementara juga menarik bagi mereka yang baru mengenal karakter Fred Rogers.

Salah satu kekuatan terbesar film ini adalah kemampuannya untuk membangkitkan berbagai emosi. Film ini dengan mulus berpindah dari momen kegembiraan dan kelembutan menjadi momen introspeksi diri dan pemikiran, memungkinkan penonton untuk merasakan kedalaman dan kompleksitas emosi manusia.

Secara keseluruhan, “A Beautiful Day in the Neighborhood” adalah sebuah film yang sangat menginspirasi dan membangkitkan emosi penontonnya. Dengan penampilan yang luar biasa, alur cerita yang tulus, dan pesan-pesan yang mendalam tentang kebaikan dan empati, film ini mengingatkan kita akan kekuatan kecil dalam tindakan sederhana dan kebaikan manusia. Sehingga film ini cocok ditonton oleh semua orang.

Redaktur : Harven Kawatu

Comments

comments