Tindakan Fakultas Menyoal Kuesioner Dosen UPI

197

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Form Penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen

Menindaklanjuti hasil kuesioner kinerja Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Pembantu Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI, Elly Malihah mengatakan bahwa akan melakukan evaluasi terhadap kinerja dosen yang bersangkutan. Ia menuturkan, hasil kuesioner ini akan menunjukkan jurusan dan program studi (prodi) terbaik dan terburuk.

Seperti semester sebelumnya, jelas Elly, nilai terbesar dan nilai terkecil akan diumumkan oleh pihak fakultas dalam pertemuan tingkat fakultas. Nilai rata-rata yang diperoleh menjadi patokan untuk rangking tiap prodi. Dosen yang mendapat nilai di bawah rata-rata akan ditindaklanjuti oleh prodi masing-masing. “Berbagai cara menindaklanjuti itu tergantung prodinya, misalnya ketua prodi memanggil dosen tersebut atau melalui surat,” tambahnya saat ditemui isolapos.com di ruangannya, Selasa (04/02).

Namun, hasil kuesioner belum dapat dilihat karena hingga saat ini hasil tersebut masih diolah oleh pihak rektorat. “Sekarang ini saya lihat penilaian kinerja sepertinya belum dibuka, masih di universitas,” ujarnya. Sepuluh hari setelah awal masuk kuliah hasil tersebut baru dapat dilihat. “Kalau bulan ini awal masuk kuliah tanggal 3 berarti tanggal 13 bisa dilihat, kalau sudah ada kami umumkan,” papar Elly.

Dalam mengumumkan hasil nilai rata-rata terbaik dan terkecil, ujar Elly, identitas dosen yang bersangkutan akan dirahasiakan. “Kami hanya mencantumkan nilai rata-rata kuesioner kinerja dosen tersebut,” ungkapnya.

Hasil kuesioner tersebut, menurut Direktur Direktorat Akademik Agus Taufik, hasil dari kuesioner kinerja dosen bersifat rahasia dan langsung dilihat oleh rektor. “Pihak direktorat pun tidak mengetahui hasil kuesioner tersebut,” ujarnya di tempat yang berbeda.[Restu Puteri]

Comments

comments