Menuju Pemilihan Rektor UPI 2020-2025

214

Oleh : Salsabilla Ramadhanty Surachman dan Aulia Rachma Febriani

Bumi Siliwangi, Isolapos.com— Masa bakti Asep Kadarohman, Rektor UPI 2015-2020 akan berakhir dalam kurun waktu dua bulan mendatang. Seiring dengan itu,  UPI sedang menggelar pendaftaran calon rektor masa bakti 2020-2025 sejak Rabu(12/2) lalu hingga bulan Maret mendatang. Pendaftaran tersebut diselenggarakan di University Centre (UC) lantai 3.

Pelaksanaan pendaftaran mencakup beberapa tahapan yang harus dilalui oleh bakal calon rektor. Syarat dan ketentuan terbagi atas tiga, di antaranya persyaratan umum, persyaratan khusus dan persyaratan administrasi yang ditilik dari peraturan Majelis Wali Amanat (PerMWA) dan termaktub dalam pasal 3 hingga 5. Persyaratan tersebut Mencakup acuan dan ketentuan yang bisa ditelusuri secara langsung di website resmi pendaftaran calon rektor UPI pada laman satu.upi.edu.

Terkait persyaratan yang dilayangkan dalam website resmi tersebut, salah satu yang disebutkan ialah persyaratan umum yang memperbolehkan siapa saja mendaftar bakal calon rektor UPI. “Persyaratan umum itu, boleh siapa saja yang mendaftar. Yang punya pengalaman memimpin di organisasi pemerintahan maupun swasta, atau organisasi non-politik lain,”  ujar Deni Darmawan selaku Kepala Humas UPI.

Dia menambahkan, bakal calon selanjutnya harus mengumpulkan kertas kerja yang diyakini menjadi syarat vital menuju seleksi penetapan calon rektor. ”Bagi pendaftar, harus mengakses website kami karena akan ada formulir-formulir yang harus diisi. Formulir-formulir tersebutlah yang nantinya akan menentukan bakal calon tersebut masuk seleksi atau tidak,” tutur Deni saat diwawancarai di kantor Humas UPI di UC pada Rabu, (19/2).

Setelah memenuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh panitia melalui daring, selanjutnya bakal calon wajib mendaftarkan diri secara langsung ke sekretariat Pilrek UPI.

Sehubungan dengan hal itu, pihak panitia pemilihan belum bisa mempublikasikan siapa saja yang sudah mendaftar. “Sudah ada 3 orang yang mendaftar, tetapi untuk saat ini karena masih masa penjaringan, kami dari panitia belum bisa memberitahu siapa-siapa dulu,” tambahnya.

Pemilihan rektor UPI 2020 dilakukan seiring dengan turunnya Asep Kadarohman dari jabatannya sebagai rektor UPI pada tanggal 16 Juni mendatang. Sebelumnya, Asep menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) pengganti rektor UPI terdahulu, Almarhum Furqon yang wafat pada tahun 2016 lalu, setahun setelah dilantik sebagai rektor UPI 2015-2020.

Rencananya, pendaftaran bakal calon rektor akan berlangsung hingga tanggal 6 Maret 2020, dan berlanjut penetapan calon rektor pada tanggal 12 Maret 2020.[]

 

Redaktur: Rio Tirtayasa

Comments

comments