Pemanduan Memahami Wisata Alam

90
Workshop kepemanduan wisata alam di Hotel Takashimaya Lembang, Rabu (28/10)
Workshop Kepemanduan wisata alam di Hotel Takashimaya Lembang, Rabu (28/10).

Lembang, isolapos.com- Jantera Organisasi Pencinta Alam Departemen Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), bekerjasama dengan Deputi Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyelenggarakan workshop kepemanduan wisata alam di Hotel Takashimaya Lembang, Rabu (28/10). Acara yang bertemakan “Memahami Pesona Alam Melalui Wisata” ini, menampilkan tiga pemateri dari berbagai bidang keahlian pariwisata.

Guru Besar Departemen Pendidikan Geografi, Enok Maryani, dalam pemateriannya mengenai “Geosfer Sebagai Sumberdaya Wisata” mengatakan, Geosfer atau lapisan bumi merupakan daya tarik wisata yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai keanekaragaman. Kekayaan alam dan budayanya itulah menurutnya yang menjadi alasan masyarakat melakukan kunjungan wisata.

Menanggapi pendapat Enok, Agus Sutanto selaku pemateri ke-2 dari Museum Geologi mengatakan, bahwa sebelum melakukan kegiatan wisata tentunya diperlukan kesadaran, apresiasi dan pemahaman pengunjung tentang area yang akan dikujunginya. Hal tersebut diperlukan agar meminimalisir dampak negatif tindakan manusia terhadap sumber daya yang ada dalam objek wisata. “Sebelum melakukan kegiatan wisata kita harus paham tentang tempat yang akan kita tuju,” tuturnya.

Sejalan dengan Agus, Hadi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia menerangkan, bila seorang wisatawan berkunjung ke tempat yang baru dan tidak mengetahui informasi apapun alangkah baiknya menggunakan jasa Tour Guide untuk lebih memahami dan mengerti tentang area yang akan dikunjunginya. Hadi menambahkan walaupun para  peserta yang hadir bukanlah berprofesi sebagai Tour Guide, tetapi sebagai orang yang memiliki perhatian lebih terhadap wisata dan alam, ia menghimbau agar peserta memiliki kemampuan dasar seorang Tour Guide. Guiding technic tersebut menurutnya yaitu dapat diawali dengan memahamai tentang sejarah tempat yang akan dikunjungi serta kemampuan manajemen jadwal kunjungan wisata.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai kalangan organisasi pecinta alam mahasiswa, perwakilan perusahaan jasa wisata, dan  umum. Dalam rangkaian acara tersebut pun, panitia  turut mengajak semua peserta berkunjung ke Gunung Batu Lembang  untuk mepraktekan materi kepariwisataan. [ Muhammad Ikhsan R]  

Comments

comments